16 January 2014

Southwest Airlines Mendarat di Bandara Yang Salah

Maskapai Southwest Airlines bernomor penerbangan 4013 dan membawa sekira 124 penumpang dilaporkan mendarat di bandara yang salah. Pesawat milik Amerika Serikat (AS) ini mendarat sejauh 11,3 kilometer (km) dari tujuannya.


Awalnya, pesawat ini dijadwalkan terbang dari Chicago menuju Bandara Branson, tetapi pesawat ini malah mendarat di Bandara Taney County.

Belum diketahui secara jelas mengapa pesawat Southwest Airlines bisa mendarat di bandara yang salah. Tetapi, Juru Bicara Federasi Otoritas Penerbangan Federal (FAA) Tony Molinara mengatakan mereka telah mengadakan penyelidikan atas kasus ini.

“Pendaratan berjalan lancar, semua penumpang dan kru dalam keadaan baik. Seluruh petugas kami juga berhasil memastikan semua bagasi dalam keadaan aman,” ujar Juru Bicara Southwest Airlines Brad Hawkin.

Peristiwa pendaratan pesawat di tempat yang salah bukan sesuatu yang pertama terjadi. Pada November 2013 pesawat Boeing 747 milik Dreamlifter mengalami hal serupa.

Pesawat yang membawa suku cadang militer itu mendarat di bandara Colonel Jabara 14,5 km dari Bandara Wichita, Kansas tempat seharusnya mereka mendarat.