16 January 2014

Scoot Sediakan Zona Bebas Anak-Anak di Pesawat

Maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Singapura, Scoot, kini menawarkan layanan baru berupa zona kursi yang bebas dari anak-anak. Dengan demikian, pada kursi-kursi pada zona yang telah ditentukan tidak boleh ditempati oleh bayi atau anak-anak dengan umur kurang dari 12 tahun.


Area yang diberi nama “ScootinSilince” ini diklaim akan memberikan suasana yang tenang dan sepi, sehingga para penumpang yang duduk di zona ini bisa beristirahat dengan nyenyak. Setidaknya ada 41 kursi yang berada di zona terlarang bagi anak-anak ini. Selain suasananya yang tenang, kursi yang berada di zona “ScootinSilince” memiliki ruang kaki yang lebih luas sekitar 10 sentimeter dibandingkan kelas ekonomi biasa. Bagi penumpang yang menginginkan duduk di zona ini akan dikenai biaya tambahan sebesar US$ 14 atau sekitar Rp 166.000.

Anak perusahaan Singapore Airlines yang khusus melayani penerbangan berbiaya rendah jarak menengah hingga jarak jauh ini bukanlah maskapai penerbangan yang menerapkan zona bebas anak-anak. Sebelumnya maskapai penerbangan Malaysia Airlines juga telah memperkenalkan layanan First Class yang bebas dari anak-anak dan area khusus bagi penumpang dewasa di Economy Class pada 2012. Sementara AirAsia X telah menawarkan zona bebas anak-anak dengan sebutan “Quite Zone” pada 2013.