17 January 2014

Singapore Airlines dan Air New Zealand Pererat Kerjasama

Singapore Airlines dan Air New Zealand telah memperdalam kerjasama codeshare yang bisa mengalihkan beberapa lalu lintas penerbangan dari Australia dan secara potensial bisa lebih menekan maskaspai penerbangan pesaing yang sedang mengalami kerugian, Qantas Airways.


Kerjasama yang lebih dalam dengan Air New Zealand ini sejalan dengan strategi Singapore Airlines dalam membentuk kemitraan global bagi maskapai penerbangan premium di tengah meningkatkan persaingan, khususnya dari maskapai penerbangan asal Timur Tengah, seperti Etihad, Emirates, dan Qatar Airways.

Singapore Airlines telah memperluas eksistensinya di Australia dengan meningkatkan sahamnya di maskapai penerbangan Virgin Australia bersama-sama dengan Air New Zealand dan Etihad untuk memberikan umpan penumpang jarak jauh dari Australia ke berbagai tujuan Singapore Airlines. Kesepakatan peningkatan porsi saham itu muncul setelah Qantas memindahkan hub transitnya dari Singapura ke Dubai sebagai bagian aliansi yang lebih luas dengan Emirates.

Singapore Airlines dan Air New Zealand telah menikmati hubungan kerjasama yang erat selama beberapa tahun terakhir. Berdasarkan kesepakatan baru yang ditandatangani pada Kamis (16/1/2013), Air New Zealand akan membuka layanan penerbangan dari Auckland menuju Singapura, sedangkan Singapore Airlines yang telah melayani rute Singapura-Auckland akan mengganti pesawatnya dengan Airbus A380 yang memiliki kapasitas lebih besar. Air New Zealand terakhir kali beroperasi di Singapura pada 2006.

“Tergantung dari persetujuan regulator, kedua maskapai menargetkan bisa meningkatkan kapasitas yang ada saat ini dari Singapura ke Selandia Baru sebesar 30 persen sepanjang tahun dari waktu ke waktu,” ujar kedua perusahaan dalam sebuah pernyataan bersama. Penerbangan keduanya kemungkinan baru bisa dilakukan pada Desember 2014 karena harus menunggu persetujuan dari regulator.

Dengan kerjasama codeshare yang baru ini, penumpang Air New Zealand bisa mengakses penerbangan codeshare pada jaringan rute penerbangan Singapore Airlines ke Inggris, Eropa, Asia Tenggara, dan Afrika, serta bisa terhubung dengan rute penerbangan yang dioperasikan anak perusahaan regional Singapore Airlines, SilkAir.

Sementara itu, pelanggan Singapore Airlines bisa menggunakan penerbangan codeshare dalam jaringan rute penerbangan domestik Air New Zealand dan rute-rute internasional yang telah ditentukan.